HBO Indo
Join HBOIndo

Pastikan Tepat Sasaran, Pemkab Banjarnegara dan Pertamina Monitoring Elpiji Bersubsidi

Banjarnegara –  Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, bersama PT Pertamina, tRabu (23/10/2024) melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran elpiji bersubsidi tiga kilogram. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan program subsidi pemerintah tepat sasaran, terutama di sektor usaha. Kepala Bagian Perekonomian Setda Banjarnegara, Dedi Restioko, menyampaikan bahwa monitoring ini difokuskan pada tempat usaha seperti rumah makan, jasa laundry, dan […]

Banjarnegara –  Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, bersama PT Pertamina, tRabu (23/10/2024) melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran elpiji bersubsidi tiga kilogram. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan program subsidi pemerintah tepat sasaran, terutama di sektor usaha.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Banjarnegara, Dedi Restioko, menyampaikan bahwa monitoring ini difokuskan pada tempat usaha seperti rumah makan, jasa laundry, dan restoran di Kabupaten Banjarnegara. Dalam pelaksanaan di empat lokasi yang dikunjungi, ditemukan sejumlah rumah makan dan tempat loundry kategori menengah dan besar yang masih menggunakan elpiji bersubsidi.

“Dari temuan ini, kami langsung mengambil langkah dengan menukarkan tabung gas tiga kilogram dengan gas elpiji nonsubsidi 5,5 kilogram (Bright Gas),” jelas Dedi.

Kebijakan ini merupakan bentuk pembinaan, di mana dua tabung gas tiga kilogram akan ditukarkan dengan satu tabung gas 5,5 kg.

Dedi juga menekankan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat, mengingat elpiji tiga kilogram ditujukan hanya untuk masyarakat kurang mampu.

“Sesuai dengan Perpres 104 tahun 2007 dan Perpres 308 tahun 2019, gas bersubsidi seharusnya digunakan untuk rumah tangga, usaha mikro, petani, dan nelayan,” tambahnya.

Ia mengimbau para pelaku usaha dan rumah tangga yang mampu untuk beralih ke gas yang tidak bersubsidi, agar penggunaan barang subsidi dapat tepat sasaran.

“Mari kita arif dalam menggunakan barang subsidi agar bisa memberikan manfaat maksimal bagi yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Darryl Gomos, SBM Rayon VII Gas dari Pertamina, menambahkan bahwa Pertamina juga melakukan sosialisasi mengenai aturan penggunaan gas bersubsidi tiga kilogram.

Ia berharap kerja sama antara Pertamina, pemerintah daerah, dan regulator dapat terus terjalin untuk mendidik masyarakat mengenai penggunaan elpiji 3 kg yang tepat sasaran.

sumber: rri.co

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Banjarnegara, Polisi Banjarnegara, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai


Fri Oct 25 2024

Subscribe for the latest from HBOIndo.


HBOIndo
  • Facebook HBOIndo
  • Instagram HBOIndo
  • Linkedin HBOIndo